Tuesday, July 22, 2014

Contoh Pembelajaran Kimia

Model pembelajaran kimia sangat banyak ragamnya, salah satunya adalah dengan model pendekatan Kooperatif. guru dapat menyesuaikan model pembelajaran mana yang akan digunakan, tentunya menyesuaikan dengan topik yang akan disampaikan. Sebagai contoh model pembelajaran cooperative script yaitu siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah secara berpasangan, model STAD (student teams achievement divisions) siswa membuat kelompok belajar 3-5 siswa untuk menyelesaikan masalah, model jigsaw yaitu model tim ahli, dan model team games tournament (TGT).

Langkah yang digunakan dalam model TGT yaitu mengidentifikasikan masalah, pembahasan masalah pada kelompok, melakukan presentasi atas hasil diskusi kelompok, dan penguatan dari guru. Model ini baiknya digunakan untuk model pembelajaran remedial teaching.


Banyak siswa yang menganggap bahwa pelajaran kimia merupakan pelajaran yang sulit untuk dipahami. Anggapan inilah yang menyebabkan pelajaran kimia menjadi sulit untuk dimengerti. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang disampaikan guru sangat monoton. Selain itu siswa juga sudah terpengaruh dengan opini yang beredar di masyarakat bahwa pelajaran kimia sulit dimengerti. Oleh sebab itu, guru sebaiknya mampu menerapkan beberapa model pembelajaran supaya siswa tidak merasa monoton.

Lihat artikel lainnya yang lebih menarik:
desain pembelajaran tk
pengertian media pembelajaran adalah
media pembelajaran tk terbaru
teori belajar kognitif menurut ahli
metode pembelajaran inquiry terbimbing 
makalah konsep dasar desain pembelajaran

No comments:

Post a Comment