Sunday, September 14, 2014

Metode dan Strategi Pembelajaran


Sekarang ini pemerintah sedang giat-giatnya melakukan pembaharuan dan pembenahan dalam bidang pendidikan. Perhatian pemerintah ini tertuju kepada salah satu aspek yaitu proses belajar mengajar supaya efektif agar esensi dari materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa. Kegiatan yang dimaksud terkait dengan metodologi pengajaran dan metode mengajar.

Masih ada beberapa guru yang belum memahami, memilih, menguasai dan menetapkan metode mengajar yang sesuai. Ada juga guru yang hanya menggunakan satu metode dalam mengajar. Terkadang yang menjadi kendala karena sarana yang kurang mendukung, seperti langkanya buku.

Metode ceramah dan tanya jawab merupakan metode yang paling populer digunakan oleh guru. Metode dan strategi pembelajaran sangat diperlukan untuk kualitas pembelaran yang lebih baik. Diharapkan guru mampu berperan dengan baik dan mampu menyamaikan ilmu dengan baik, tentunya harus memperhatikan segala aspek yang ada. Gunakanlah variasi metode mengajar supaya kegiatan pembelajaran tidak monoton.

Berikut ada beberapa metode mengajar:

- Metode dan Strategi Pembelajaran Konvensional

- Metode Ceramah

- Metode Demonstrasi

- Metode Eksperimen

- Metode Tugas

- Metode Proyek

- Metode dan Strategi Pembelajaran Modern

- Metode Karyawisata

- Metode Berkemah

- Metode Mengajar Beregu (Team Teaching Method)

Semoga artikel berjudul Metode dan Strateggi Pembelajaran di Sekolah dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru untuk kepentingan pembelajaran.

Untuk artikel menarik lainnya, kunjungi link berikut:
strategi pembelajaran paud adalah
pembelajaran individual dengan modul
pembelajaran berbasis web doc
pembelajaran aksi sosial
metode pembelajaran kimia unsur
model pembelajaran ips terpadu
penerapan strategi pembelajaran


No comments:

Post a Comment