Monday, October 13, 2014

Manajemen mutu dalam pendidikan

Menurut Komariah (2005) bahwa manajemen mutu pendidikan adalah seni dan ilmu dalam mengelola jasa yang dijukan pada kepuasan pelanggan supaya pelanggan merasa puas atas apa yang diberikan kepadanya. Sekolah menyediakan sarana dan prasarana belajar yang dibutuhkan oleh siswa. Dan di dalam sekolah ini akan melalui beberapa proses mulai dari input, proses dan output. Disini sekolah memiliki peran yang besar dalam mewujudkan suasana belajar yang nyaman.

Dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen mutu adalah upaya dalam mewujudkan kegiatan belajar dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada di sekolah tersebut. Ada 3 fungsi yang esensial dari lembaga pendidikan formal yaitu fungsi penyadaran, reproduksi dan mediasi. Hal ini semata-mata untuk melaksanakan proses pembelajaran dan pendidikan yang sebenarnya. Fungsi penyadaran memiliki peran untuk membentuk karakter siswa dan mempertahankan nilai-nilai yang ada di dalam budaya masyarakat. Fungsi dari sekolah adalah membangun kesadaran siswa agar selalu dalam norma sopan santun, bemoral dan beradab.

Fungsi progresif sendiri memiliki peran sebagai pendorong masyarakat supaya mampu berpola pikir kekinian kearah yang lebih maju. Selain peran sekolah sebagai wahana dalam reproduksi, pengembangan dan desiminasi iptek, peran sekolah juga sebagai mediasi. Sekolah harus bisa menjadi media sosialisasi untuk membina manusia terpelajar. Supaya ketiga fungsi tersebut dapat berjalan baik maka diperlukan proses yang bermutu. Tolak ukur dari kebermutuan itu dapat dilihat dari keberhasilan pencapaian nilai siswa.

Artikel terkait menarik mengenai pendidikan dapat di lihat di bawah ini:


No comments:

Post a Comment