Memilih atau maenentukan media pembelajaran yang paling tepat untuk digunakan tidaklah mudah. Dalam suatu kegiatan belajar mengajar, pemilihan media pembelajaran yang akan diterapkan haruslah di kuasai oleh para guru. Dengan memilih media pembelajaran yang tepat dapat meminimalisir atau bahkan menghidari terjadinya kegagalan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran. Media pembelajatran dipilih dan digunakan dengan harapan dapat mempermudah kegiatan belajar mengajar.
Prosedur pemilihan media pembelajaran menurut Kearsley
1. Identifikasi ciri-ciri media media yang diperlukan sesuai dengan kondisi
2. Identifikasi karakteristik pebelajar
3. Identifikasi karakteristik lingkunangan belajar berkenaan dengan media yang akan digunakan
4. Identifikasi pertimbangan praktis yang memungkinkan media mana yang mudah digunakan dan dilaksanakan
5. Identifikasi faktor ekonomi
Sedangkan menurut Harjanto prinsip pemilihan media pembelajaran :
1. Tujuan
2. Keterpaduan
3. Keadaan peserta didik
4. Ketersediaan
5. Mutu teknis
6. Biaya.
Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa prinsip memilih media pembelajaran yang tepat adalah Media yang dipilih harus sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran, teknik pengajaran yang dipakai, karakteristik siswa, biaya pengadaan, kualitas media, ketersediaan bahan serta lingkungan fisik tempat belajar siswa.
artikel menarik yang lain :
contoh latar belakang makalah yang baik
tahapan lesson study
cara memilih buku sekolah
strategi KBM maksimal
aktiva tetap
pembelajaran fisika efisien
hubungan konstruktivisme dan pembelajaran
No comments:
Post a Comment